April 8, 2011, 3:19 pm
Gara-Gara ulah Supporter Bola, PT KA Kembali Batalkan Perjalanan KA

PT Kereta Api Indonesia (Persero) –Daerah Operasi 1 Jakarta terpaksa kembali membatalkan operasi kereta api, Sabtu(9/4). Kereta yang dibatalkan KA 148 KA Kertajaya) relasi Tanjungpriok-Surabaya Pasarturi, KA 144 (KA Gayabaru Malam Selatan) relasi Jakartakota-Surabaya Gubeng dan KA 142 (KA Matarmaja) relasi stasiun Pasarsenen – Malang.

Pembatalan jadwal keberangkatan beberapa kereta ini lantaran terkait digelarnya pertandingan sepakbola yang mempertemukan Persija Jakarta VS Arema Malang yang akan bertanding di Malang, Minggu (10/4)

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta sempat membatalkan operasi kereta api serayu relasi Jakarta-Kroya dan Patas Purwakarta relasi Tanjungpriok-Purwakarta, Jumat (18 Maret 2011), Pembatalan jadwal keberangkatan beberapa kereta tersebut terkait digelarnya pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia yang mempertemukan Persija VS Persib yang digelar di stadion jalak Harupat, Bandung.

Manager Humas PT KAI-Daop1 Jakarta, Mateta Rijalulhaq mengatakan pembatalan kereta api tersebut dimaksudkan untuk keselamatan operasional kereta api sehingga dapat mengantisipati perilaku suporter sepakbola dan masyarakat sepanjang jalan rel kareta api. Hal tersebut sesuai dengan UU 23 tahun 2007 tentang perkeretapiaan.

“Pembatalan ini kami lakukan semata untuk keselamatan operasional kereta api dan penumpang kami. Sehingga, kami terpaksa membatalkan perjalanan KA tersebut untuk menghindari terjadinya bentrokan dengan masyarakat serta suporter sepakbola di sekitar jalur KA” ujar Mateta

Mateta menegaskan,pembatalan keberangkatan ini tidak lain karena dari pengalaman sebelumnya, dimana perilaku supporter sepakbola naik-turun kereta serta membuat kerusuhan, baik di dalam kereta maupun dilokasi-lokasi yang mereka lalaui. Sehingga menimbulkan kemarahan dari masyarakat di sekitar jalur rel KA dan terjadilah bentrokan. Pada pembatalan sebelumnya, ternyata efektif sehingga kereta tidak rusak dan operasional kereta api tidak terganggu.

“Kami tegaskan, pembatalan ini bukan karena PT KAI tidak mendukung persepakbolaan di Indonesia tetapi jika terjadi bentrokan dan merusak kereta, siapa yang bertanggung jawab. Selama ini, justru PT KAI sendiri yang selalu menanggung kerugian akibat kerusakan kereta dan ulah para oknum yang kerap membuat tersebut” kata Mateta.

(siaran pers Humas Daops I PT KA)

Festival Jurnalisme Warga
Lowongan Tenaga Akuntansi di PT KA
Gara-Gara ulah Supporter Bola, PT KA Kembali Batalkan Perjalanan KA
'Tur Hijau' Green Map
Little Tokyo Ennichisai (Festival Jepang), 4 Juli 2010








tempat curhat dan info seputar KRL di krl-mania@yahoogroups.com :  

© Hak Cipta ada pada redaksi krlmania.com, isi dilindungi Undang-Undang.
Diperbolehkan memperbanyak isi dan segala hal yang ada pada website ini tanpa persetujuan redaksi
dan dengan mencantumkan sumber berita krlmania.com