January 25, 2008, 9:42 am
Etika Penumpang KRL

Gerbong KRL Eksekutif baik jurusan Bekasi-Kota maupun Bogor-Kota selalu kelihatan apik dan bersih serta udara yang sejuk berkat fasilitas AC. Umumnya para penumpangnya juga pegawai kantoran level menengah ke atas, dan relatif memegang teguh etika atau sopan santun di dalam gerbong.

Penumpang yang tidak suka ngobrol lebih baik memilih diam atau tidur di sepanjang perjalanan sehingga tidak ada kesan saling ganggu antara satu dan lainnya. Begitu pula penumpang yang berdiri alias tidak kebagian tempat duduk, umumnya berdiri sopan bahkan ada yang menaruh tasnya di atas kabin.

Kami salut untuk KRL Ekspres Bogor-Jakarta, sebagian besar penumpang yang berdiri memiliki etika dan saling menghargai dengan sesama penumpang yang berdiri, bahkan relatif jarang ada yang duduk di lantai gerbong. Sungguh rapi dan enak dipandang mata.

Lain halnya dengan pemandangan KRL Ekspres Bekasi-Jakarta, banyak penumpang dengan seenaknya menggelar koran buat alas duduk di lantai gerbong. Otomatis ruang yang ada untuk berdiri menjadi semakin sempit oleh banyaknya orang yang duduk dengan kaki ada yang selonjor.

Jelas pemandangan ini sangat mengganggu bagi penumpang lainnya yang sama-sama berdiri. Bukankah mereka duduk seenaknya itu tidak merasa bahwa hal itu 'merampas' hak buat orang yang berdiri?

Hal ini kelihatan sepele dari kacamata orang yang jarang bergaul. Coba bayangkan kondisi di Jepang, Australia, Hong Kong, atau di Selandia Baru, sama sekali tidak ada orang/penumpang yang duduk di gerbong seperti halnya di dalam KRL Ekspres Bekasi-Jakarta.

Jadi, mari kita tingkatkan etika dan sopan santun dengan sesama penumpang yang sama-sama bayar resmi (bukan gocenger). Kita tidak usah melihat perilaku gocenger sebelum kita introspeksi dulu diri pribadi masing-masing, apakah saya sudah bertindak wajar di dalam gerbong kereta di saat kondisi penumpang penuh?

(Fredy, Bekasi)


Keretasiana
'Annoucer' Stasiun Cawang
Etika Penumpang KRL
Yuk, Naik KRL Wisata Ancol
Kenaikan Tarif itu








tempat curhat dan info seputar KRL di krl-mania@yahoogroups.com :  

© Hak Cipta ada pada redaksi krlmania.com, isi dilindungi Undang-Undang.
Diperbolehkan memperbanyak isi dan segala hal yang ada pada website ini tanpa persetujuan redaksi
dan dengan mencantumkan sumber berita krlmania.com